Jumat, 17 Juni 2011


ini salah satu rubik dalam mading permata DE-LA
dikutip dari salah satu situs di internet 


Karya Roh Kudus

Masa Paskah kini berakhir. Liturgi Gereja telah mewartakan kegembiraan Paskah dan mengajarkan perlunya menghidupkan suatu kehidupan yang penuh sukacita di dalam mewartakan kebangkitan Kristus yang merupakan pusat iman kita. Paulus menegaskan bahwa andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu (1 Kor. 15:14).

Perayaan Pentakosta mengingatkan kita pada dua peristiwa penting yang mempengaruhi satu sama lain, yakni karunia Roh Kudus dan permulaan hidup Gereja. Karunia Roh Kudus itu dibicarakan di sini dalam konteks kelanjutan misi Yesus dan misi para murid. Para murid diperintahkan untuk mengasihi Yesus dengan mengikuti perintah-perintah-Nya dan untuk bisa melaksanakan itu, mereka diberi pembimbing dan guru, yakni Roh Kudus.

Ditegaskan bahwa kepergian Yesus tidak menyebabkan suatu situasi kehilangan tetapi melahirkan suatu era baru yang dikaruniai dengan Roh Kudus, yang melanjutkan kehadiran Yesus ketika Dia tidak ada lagi secara fisik. Era baru itu ditandai oleh cinta, pemeliharaan perintah-perintah-Nya, dan janji pada masa yang akan datang bahwa Allah dan Anak akan tinggal bersama selama-lamanya dengan para murid.

Merayakan hari Pentakosta berarti memperingati pesta kelahiran Gereja. Oleh turunnya Roh Kudus umat Allah yang tercerai-berai dapat dipersatukan dan dikokohkan. Gereja dan misinya yang hadir di dunia modern ini membutuhkan kehadiran Roh Kudus. Roh yang memampukannya untuk hadir dan berjuang di tengah kekerasan, ketidakadilan dan ketakharmonisan hidup. Kita percaya bahwa Roh yang datang dari Allah itu jauh lebih berkuasa dari kejahatan, mampu menguasai kegelapan dan tak dapat dikendalikan oleh apa dan siapa pun. Oleh karena kekuatan Roh tersebut maka setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus, menerima Roh Kudus sebagai hadiah yang dikaruniakan Tuhan kepada Gereja dan secara istimewa kepada setiap orang. Tandanya orang memiliki Roh Kudus adalah kesiapannya berbuat baik dan menyenangkan orang lain !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar